Home Peristiwa

Jembatan Rusak Akibat Hilir Mudik Truk Tambang, Warga Tluwe Tuban Blokir Akses Jalan

by linknews.id - 01 Juni 2024, 22:22 WIB

TUBAN, LINKNEWS.ID - Permasalahan sosial akibat dampak dari aktivitas tambang kembali terjadi di Kabupaten Tuban, tepatnya di wilayah Desa Tluwe, Kecamatan Soko.

Dikabarkan, warga desa setempat melakukan pemblokiran akses jalan jembatan karena terdapat kerusakan yang diduga akibat hilir mudik dump truk bermuatan berat.

Berdasarkan pantauan awak media, akses jalan jembatan tersebut saat ini diblokade menggunakan pohon pisang, sedangkan titik kerusakan ditandai dengan beberapa batang bambu.

"Lha iya mas, kalau sudah seperti itu siapa yang dirugikan, selanjutnya siapa yang bertanggung jawab atas kerusakan itu," ucap salah satu warga yang enggan disebutkan namanya secara langsung, Sabtu (01/05/2024).

Informasi lain yang dihimpun pewarta, dampak lain yang ditimbulkan oleh aktivitas tambang galian c jenis pasir kuarsa (silica) tersebut adalah polusi udara yang mengancam kesehatan warga.

Tak hanya itu, Negara pun turut terancam dirugikan akibat pengemplangan pajak, psalnya tambang tersebut diduga tidak mengantongi dokumen perizinan secara lengkap.

Sementara, ARL salah satu nama yang dikabarkan sebagai pengelola tambang saat dikonfirmasi melalui id WhatsApp, pihaknya tidak merespon dan memilih bungkam.

Disisi lain, banyak pihak mempertanyakan sejauh mana peran pemerintah daerah dalam hal pengawasan, serta peran aparat penegak hukum (APH) dalam hal penindakan.

Reporter : Dedi/**

Share :

Populer Pekan Ini