Home Peristiwa

Ramai Soal Perades di Sokosari Tuban, Kades Berikan Klarifikasi

by linknews.id - 01 Desember 2023, 13:34 WIB

TUBAN, LINKNEWS.ID - Ramainya pemberitaan tentang polemik pengisian perangkat desa (Perades) Sokosari, Kecamatan Soko, Kabupaten Tuban, mendapat tanggapan dari Pemdes setempat.

Secara tegas, Kepala Desa Sokosari, Edi Purnomo menyatakan bahwa kabar adanya kecurangan dalam prosesi pengisian perangkat desa tersebut tidaklah benar.

"Panitia telah melaksanakan secara transparan dan sesuai regulasi yang ada, bahkan masyarakat boleh dan bebas mengikuti proses pelaksanaan tes tersebut," ucap Kades, Jumat (1/12/2023).

Selain itu, Edi Purnomo menjelaskan bahwa masalah soal dan kunci jawaban, dirinya sama sekali tidak mengetahui sebab yang membuat adalah pihak ketiga, dan dirinya tidak pernah bersentuhan dengan tim pembuat soal.

"Semua sudah dimandatkan ke panitia dan panitia ke pihak ketiga, jadi tidak ada money politik. Kalau memang tuduhan yang selama ini ada bisa dibuktikan, maka saya siap mempertanggung jawabkanya, tetapi bila tidak terbukti ya saya akan menuntut balik secara hukum," tegasnya.

Saat ditanyakan tentang adanya aksi unjuk rasa, Kades menyampaikan jika itu adalah hal yang lumrah dalam suatu proses kompetisi.

"Semoga kedepan masyarakat Tuban khususnya wilayah Soko tidak mudah terpancing dengan adanya pemberitaan miring. Dan yang terpenting, dengan terisinya kekosongan Perades ini dapat mensupport pemerintahan desa Sokosari menjadi lebih potensial dan lebih baik,” pungkasnya.

Sementara itu, untuk formasi kekosongan perades yang diisi oleh Pemdes Sokosari adalah 5 lowongan diantaranya Kepala Dusun (Kadus) Losari, Kaur Tata Usaha, Kasi Pelayanan, Kasi Pemerintahan dan Kasi Kesra. Sedangkan pelaksanaan ujian menggunakan sistem Komputer Assisted Tes (CAT).

Reporter : Dedi/Red

Share :

Populer Pekan Ini