Home Pemerintah

BPBD Tuban Gelar Desk Data di Seluruh Desa dan Kelurahan

by linknews.id - 28 November 2023, 22:45 WIB

TUBAN, LINKNEWS.ID - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tuban saat ini telah melaksanakan Desk Data di 328 desa dan kelurahan yang ada di Kabupaten Tuban.

Kalaksa BPBD Tuban, Sudarmaji saat dikonfirmasi mengatakan, tujuan dari dilaksanakan desk data ini untuk mengidentifikasi dan update data daerah rawan bencana di Kabupaten Tuban.

"Yang kita desk data ini seluruh wilayah desa dan kelurahan dengan total 328 se-Kabupaten Tuban," ungkapnya, Selasa (28/11).

Dan yang kedua, sambung dia, BPBD ingin menghitung Indeks Risiko Bencana (IRB), sebab nantinya dengan desk ini dapat dihitung. Dengan begitu IRB dapat diperoleh data kerentanan dan kapasitas desa/kelurahan.

"Tujuan yang ketiga, untuk mengisi tabulasi data yang ada di Tuban Satu Data. Sebab setiap tahun BPBD harus mengisi tabulasi di tabel Tuban Satu Data," imbuh mantan Kadis PRKP Tuban itu.

Sehingga, timpal dia, desk data ini dilakukan setiap tahun, jika tidak dilakukan maka BPBD tidak dapat melaksanakan ketiga hal tadi. Jadi ini sangat penting sebagai rujukan data.

"Kita juga sedang menyelesaikan rencana kontinjensi (renkon) untuk hazard (bahaya) banjir dan gempa yang sedang dibuat," pungkasnya. (MC)

Reporter : Dedi

Share :

Populer Pekan Ini