Ilustrasi layanan jemput bola samsat (foto istimewa)
SURABAYA, Linknews.id - Layanan Jempol adalah layanan pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) dengan menggunakan sistem jemput bola di tengah-tengah masyarakat, untuk mewujudkan layanan Samsat yang cepat dan mudah.
Samsat Jempol ini merupakan salah satu layanan unggulan PKB yang ada di Samsat Kenjeran, Surabaya, Jawa Timur, dengan tujuan memfasilitasi wajib pajak agar memperoleh kemudahan dan pelayanan di tempat dengan jumlah kendaraan tertentu secara kolektif, baik pengurusan proses pembayaran pajak kendaraan tahunan maupun proses perpanjangan STNK atau Teliti Ulang (TU) tahunan bagi perusahaan maupun instansi.
Untuk mendapatkan layanan Jempol, tentunya masyarakat harus mengikuti persyaratan serta prosedur sesuai ketentuan dan aturan yang berlaku, seperti membawa dokumen KTP, STNK asli tanpa harus membawa dokumen fotocopy. Hanya dengan waktu 5 menit layanan pembayaran PKB bisa selesai di lokasi.
Seperti halnya PT. Maspion, salah satu perusahaan yang menggunakan fasilitas layanan jempol pada tahun 2022. Hasil potensi pada perusahaan tersebut mencapai angka tertinggi, yakni pada bulan November dengan angka sebesar 248.736.100 dikarenakan masa berakhirnya pemutihan pajak pada tanggal 15 Desember 2022.
Berikut tabel dan grafik dari hasil potensi layanan jempol pada PT. Maspion tahun 2022.
Layanan jempol yang dilakukan oleh UPT Pengelolaan Pendapatan Daerah Surabaya Utara telah dijalankan dengan baik dan menunjukkan efektivitas setiap bulannya. Hasil potensi yang mengakibatkan penurunan serta kenaikan pada tahun 2022 dikarenakan berakhirnya masa jatuh tempo pembayaran. Dengan adanya layanan jempol ini telah memberikan kemudahan bagi PT. Maspion dalam pembayaran pajak kendaraan bermotor setiap tahunnya. (**)
Reporter/Editor : Redaksi
Sumber/Penulis : Asti Noviani Putri, Farah Fahira Putri, Putri Karina R