Home Daerah

Gandeng Tim Penggerak PKK, BNNK Tuban Gelar Lomba Video Fragmen Ketahanan Keluarga

by linknews.id - 08 Juli 2024, 16:26 WIB

TUBAN, LINKNEWS.ID - Dalam rangka memperingati Hari Anti Narkotika Internasional (HANI) 2024, BNNK Tuban menggandeng tim penggerak PKK Kabupaten Tuban menggelar lomba video fragmen ketahanan keluarga bebas narkoba.

Kepala BNNK Tuban, Tri Tjahyono saat ditemui di ruang kerjanya mengatakan, pihaknya meneruskan MoU BNN RI dengan tim penggerak PKK Pusat.

"Ini sebagai turunan di BNNK Tuban dalam sinergi program ketahanan keluarga antinarkoba," ungkapnya, Senin (08/07).

Menurutnya, PKK ini sangat potensial sekali, sebab merupakan organisasi hingga tingkat bawah yang penggeraknya mayoritas adalah ibu-ibu, meskipun ada laki-laki.

"Ketahanan keluarga ini akan sangat baik jika diimplementasikan dalam kegiatan ibu-ibu sehari-hari atau fragmen," kata Tri.

Sebab, sambung Tri, ibu-ibu sangat senang bermain peran, sering melihat sinetron, film di televisi, sehingga mereka bisa bermain peran.

"Di sini kita memanfaatkan peluang tersebut untuk menjadikan contoh atau figur. Dari situlah kita buatkan lomba video fragmen ketahanan keluarga," terang dia.

BNNK berharap, video ini nantinya dapat diimplementasikan pada diri sendiri, khususnya dan lingkungannya. Efek di lingkungan masyarakat lebih terasa.

"Maksud dan tujuan lomba video ini lebih pada implementasi, punya benefit impact terhadap masyarakat," sambung pejabat yang sebelumnya bertugas di BNN RI itu.

Lomba video ini, saat ini sudah memasuki tahapan penilaian yang diikuti oleh 20 PKK masing-masing kecamatan. Dan nantinya akan dipilih 5 besar untuk ditampilkan pada puncak peringatan HANI BNNK Tuban, Jumat, 12 Juli 2024.

Sementara itu, Ketua Pokja 1 Tim Penggerak PKK Kabupaten Tuban, Winuk mengapresiasi kerja sama BNNK dan PKK Tuban.

"Ini kolaborasi luar biasa, PKK dilibatkan dalam pembinaan ketahanan keluarga sesuai program pokja 1, yaitu pembinaan karakter olahraga," ungkap guru SMKN 1 Tuban itu.

Salah satu programnya, ia sampaikan, yaitu Keluarga Indonesia Sehat Tanpa Narkoba (Krisan). Dan PKK Tuban sangat mendukung lomba video fragmen ketahanan keluarga.

"Generasi sekarang dengan teknologi digital sangat mudah memperoleh informasi, sehingga diharapkan lomba ini dapat membentuk karakter khususnya anak-anak muda dan remaja," harap dia.

Menurutnya, PPK hingga ke Dasa Wisma akan lebih mudah menyampaikan kepada masyarakat melalui kelompok-kelompok PKK yang ada di Dasa Wisma.

"Gerakan PKK sekarang juga melibatkan anak-anak muda, karang taruna, jadi akan lebih mudah penanggulangan keluarga yang bebas narkoba," pungkas Winuk. (MCT)

Reporter : Dedi/**

Share :

Populer Pekan Ini