Home Pemerintahan

Pemkab Bojonegoro Ajak Warga Selalu Peduli Kesehatan Mental di Tempat Kerja

by linknews.id - 09 Oktober 2024, 23:27 WIB

BOJONEGORO, LINKNEWS.ID - Menjaga kesehatan mental di tempat kerja adalah sesuatu yang sangat penting. Tema menarik ini dikupas oleh dokter spesialis jiwa dalam program siar radio SAPA! (Selamat Pagi) Malowopati FM edisi Rabu (9/10/2024).

Hadir dalam acara ini, dr. Dayu Afriyanto, dokter spesialis jiwa RSUD Sosodoro Djatikoesoemo Bojonegoro sebagi narasumber. Program ini merupakan hasil kerja sama Dinas Komunikasi dan Informatika dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Bojonegoro.

Dalam kesempatan ini, dr. Dayu Afriyanto menyampaikan bahwa kesehatan mental adalah segala kondisi yang mencakup kesejahteraan emosional, psikologis, dan sosial. Hal tersebut yang mempengaruhi cara seseorang berpikir, merasa dan bertindak. Kesehatan mental juga menentukan cara seseorang dalam menangani stres, menghadapi orang lain, dan menentukan pilihan. 

"Tentu saja peran kesehatan mental di tempat kerja sangat penting karena mental ini menjadi dasar bagaimana membentuk karakter dan berujung pada kinerja dari individu," ujarnya

Lebih lanjut, dr. Dayu Afriyanto menjelaskan dalam dunia kerja tentu menghadapi berbagai kondisi dan bermacam karakter partner kerja. Tidak jarang menjumpai fase problematik, baik dari pekerjaan maupun dari segi sosial di tempat kerja. Maka salah satu langkah untuk mencegah stres di tempat kerja adalah dengan mengkomunikasikan sumber permasalahan yang dialami kepada seseorang yang dirasa nyaman. 

“Tak lupa, harus tetap menjaga kesehatan fisik dengan olahraga dan pola hidup sehat,” jelasnya. 

dr. Dayu Afriyanto juga mengajak agar semua orang lebih peduli dengan kesehatan mental. Ini sejalan dengan tema Hari Kesehatan Jiwa Sedunia yang diperingati setiap 10 Oktober. "Saatnya Memprioritaskan Kesehatan Mental di Tempat Kerja".  (KOm)

REPORTER : RED/**

Share :

">

Popular Post