Home Pemerintahan

Pj Bupati Bojonegoro Ziarah Makam Kanjeng Soemantri, Juru Kunci: Terima Kasih Makam Sudah Direhab

by linknews.id - 19 Oktober 2024, 14:11 WIB

BOJONEGORO, LINKNEWS ID - Sebagai rangkaian kegiatan memperingati Hari Jadi Bojonegoro (HJB) ke-347, Pemkab Bojonegoro menggelar kegiatan Ziarah Makam Leluhur di beberapa makam para Bupati. Kegiatan digelar Jumat (18/10/2024). Salah satu makam yang dituju adalah makam Kanjeng Soemantri atau Raden Adipati Aryo (RAA) Koesoemadinegoro yang terletak di Pesarean Kelurahan Mojokampung Kecamatan/Kabupaten Bojonegoro.

Dalam kegiatan ini, Pj Bupati Bojonegoro bersama rombongan pertama kali ziarah di makam Buyut Dalem. Setelah itu, rombongan ziarah sampai di lokasi makam Kanjeng Sumantri tepat pukul 14.00 WIB.

Rombongan yang terdiri daro Pj Bupati Bojonegoro Adriyanto didampingi Dandim 0813 Bojonegoro, Kasatbinmas Polres Bojonegoro, Kepala Kejaksaan, serta jajaran pejabat pemkab disambut langsung oleh juru kunci dan para tokoh dari Kelurahan Mojokampung. Acara diisi dengan doa tahlil dan tabur bunga. 

Acara kemudian dilanjutkan dengan ramah tamah serta pemberian tali asih oleh Pj. Bupati Bojonegoro Adriyanto kepada juru kunci makam dan pemimpin tahlil. "Semoga penuh keberkahan di Hari Jadi Bojonegoro ke 347 ini," terang sang juru kunci, Masti’ah. 

Lebih lanjut, sang juru kunci mengucapkan banyak terimakasih Kepada Pemkab Bojonegoro yang telah memberikan banyak perhatian untuk fasilitas makam.

"Alhamdulillah beberapa tahun ini makam sudah direhab dan saat ini menjadi salah satu kunjungan wisata religi,”  terangnya.

Seperti diketahui Kanjeng Sumantri pernah menjabat Bupati Bojonegoro pada 1916 sampai 1936 setelah menggantikan ayahnya, Raden Adipati Aryo Rekso Koesoema. Beliau mempunyai peranan besar dalam pengembangan agama Islam di Bojonegoro yang tergabung dalam tokoh pergerakan Islam dan memprakarsai pembangunan Masjid Agung Darussalam. (KOm)

REPORTER : RED/**

Share :

">

Popular Post